Minggu, 02 Oktober 2016

Laporan Praktikum SFTP dan SCP

LAPORAN RESMI SFTP dan SCP
  1. Tujuan Praktikum
  • Memahami konsep SFTP dan SCP
  • Mampu melakukan installasi dan konfigurasi SFTP danSCP
  • Mampu melakukan upload dan download
  1. Dasar Teori
SFTP
Singkatan Secure File Transfer Protocol, SFTP adalah metode mentransfer file antar komputer melalui SSH aman aliran data aman. SFTP dalam hal komputasi mengacu pada SSH File Transfer Protocol, atau dikenal sebagai Secure File Transfer Protocol, yang merupakan protokol jaringan yang dirancang untuk menawarkan manajemen file, transfer file, dan fungsi akses file lebih setiap aliran data diandalkan atau saluran. Ini juga merupakan kemajuan besar dari pendahulunya, FTP (File Transfer Protocol), yang digunakan untuk menjadi standar dalam file transferensi antara dua komputer selama era dialup dan sebelum era broadband. Dibandingkan dengan protokol SCP sebelumnya, yang memungkinkan hanya transfer file, protokol SFTP memungkinkan untuk berbagai operasi pada file remote – itu adalah lebih seperti sebuah protokol sistem file jarak jauh.
SCP
Program SCP, yang juga disebut sebagai salinan aman, adalah perangkat lunak menerapkan protokol SCP sebagai daemon layanan atau klien. Ini adalah program untuk melakukan penyalinan aman.Program server SCP biasanya program yang sama sebagai klien SCP. Secure Copy (SCP) fitur menyediakan metode yang aman dan dikonfirmasi untuk menyalin konfigurasi router atau gambar router file.SCP mengandalkan Secure Shell (SSH), aplikasi dan protokol yang menyediakan pengganti yang aman untuk Berkeley r-alat. Mungkin program SCP yang paling banyak digunakan adalah program SCP baris perintah, yang disediakan di sebagian besar implementasi SSH.

  1. Percobaan
    • Percobaan 1 : SFTP
      1. Untuk melakukan percobaan menggunakan SFTP, sebelumnya kita harus melakukan installasi SSH terlebih dahulu. Setelah selesai menginstall SSH, maka kita hanya perlu melakukan koneksi dengan server
        8
      2. Dan jika sudah terhubung, maka kita bisa melihat ataupun mendownload dan upload file-file yang ada pada server tersebut.
Upload file      :
9
Download file :
10

  • Percobaan 2 : SCP
  1. Untuk melakukan percobaan menggunakan SCP caranya hampir sama dengan sftp berfungsi menyalin data dengan cara :
11
  1. Kesimpulan
Kedua SFTP dan SCP protokol jaringan.
SFTP          : menyediakan akses file, transfer, dan fungsi manajemen di atas aliran data yang terpercaya.
SCP            : memberikan transfer data yang kedap intersepsi dan gangguan.
Sumber : http://kliksma.com/2015/06/perbedaan-antara-sftp-dan-scp.html
Sumber : https://maharanidina.wordpress.com/2016/10/02/what-does-hacker-do/

0 komentar:

Posting Komentar